Sarpakenaka Raksasa wanita

Dewi Sarpakenaka
Sarpakenaka juga termasuk tokoh dalam cerita Ramayana ia merupakan adik perempuan dari Rahwana, Kumbakarna , putri ke 3 dari Resi Wisrawa dengan Dewi Sukesi, dan mempunyai 1 adik laki laki yang tampan yaitu Wibisana

meskipun Sarpakenaka dalah seorang wanita , namun dia senang sekali meggandeng pasangan baru , setiap lelaki yang sakti dan tampan dia selalu ingin menjadikanya suami, termasuk adik dari Rama yaitu laksmana ,..

suami dari sarpakenaka antara lain adalah :
  •  Ditya Kardusana dan 
  • Ditya Nopati.
perawakan dari sarpakenaka tidak jauh berbeda dengan raksasa pria lainya , bermuka tua , mulud lebar , dada yang menonjol , berjalanya bak lelaki.

Sarpakenaka berwatak sama dengan Rahwana congkak, sombong, menang sendiri, rakus, ganas, bengis dan angkara murka.

meskipun Sarpakenaka adalah seorang perempuan namun kesaktianya tidak bisa diremehkan, mempunyai kuku yang mengandung bisa ular.
Sarpakenaka juga mampu beralih rupa.

saat dihutan dandaka Sarpakenaka pernah beralih rupa menjadi wanita cantik untuk menggoda laksmana adik Sri Rama dan meminta untuk dijadikan istri olehnya,

namun keinginan sarpakenaka ditolak mentah mentah oleh laksmana , karena meskipun cantik namun bau nya amis , ini menjadikan laksmana curiga kepadanya, dengan perjuangan penuh dalam menggoga laksmana tanpa menyerah membuat Laksmana marah kepadanya dan memotong ujung hidungnya dengan pedang laksmana.

dalam perang besar ramayana sarpakenaka juga menjabat sebagai senopati perang Alengka, dengan penuh dendam kepada laksmana sarpakenaka menewaskan banyak prajurit kera yang dipimpin Anoman dan juga Sugriwa.

akhirnya sarpakenaka mati diujung panah surawijaya yang sebelumnya kuku saktinya dicabuti oleh Anoman. anak dari Dewi Anjani
kematian sarpakenaka tidak lepas dari kewaskithaan wibisana yang membocorkan kelemahan dari sarpakenaka.

0 Response to " Sarpakenaka Raksasa wanita "

Post a Comment