Kesetiaan werkudara 2

kesetiaan werkudara vol 2
Halo kakak bro kakak sist , mari kita lanjutkan ceritanya kesetiaan werkudara panegak pandawa 5 mahabarata  volume 2.
jika di volume 1 kita bahas werkudara yang sedang membuka lahan baru dihutan atau sering dikenal babat alas wanamarta yang mencerminkan bahwa werkudara seorang ksatria yang setia dan patuh kepada negara dan raja nya,

di vol 2 ini kita bahas kesetiaan werkudara kepada guru nya yaitu maharesi Durna atau Drona. dalam cerita ini sering disebut Bima Suci.

Durna adalah Guru dari Sokalima dia mengajar olah senjata dan juga strategi perang kepada putra putra Hastinapura yaitu Kurawa dan Pandawa, di dalam hatinya Drona lebih menyanyangi pandawa terlebih kepada Arjuna, namun karena desakan anaknya Aswatama yang bersahabat dengan Kurawa maka itu Drona sering dibujuk Aswatama agar selalu membantu Kurawa untuk menyingkirkan pandawa terlebih werkudara,

karena Drona terlalu sayang kepada Aswatama maka apapun yang diminta oleh anak kesayangan nya ini akan dia lakukan. tau dengan hal itu Duryudana memanfaatkan aswatama untuk membujuk drona dalam melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan jiwa ksatria.

Berawal dari niat Duryudana yang ingin menyingkirkan werkudara. waktu itu werkudara mendatangi Guru Drona untuk mencari ilmu kebatinan yaitu apa yang dimaksud sangkan paraning dumadi?
mengetahui hal itu Duryudana memanfaatkan guru Drona agar werkudara dijerumuskan.

Benarlah , saat werkudara meminta petunjuk tentang ilmu kebatinan sangkan paraning dumadi guru drona menjerumuskan werkudara untuk masuk kedalam hutan untuk mencari Kayu gung susuhing angin , tanpa berfikir panjang werkudara langsung menuju hutan yang sebenarnya hutan itu amatlah berbahaya bagi manusia karena banyak dihuni hewan buas raksasa dan juga jin.

saat di dalam hutan werkudara dihadang oleh 2 raksasa kejam yaitu
  1. Rukmuka yang berarti Mukti
  2. rukmakala yang berarti Mulya
werkudara bertarung dengan kedua Raksasa tersebut , pertarungan sangatlah sengit dan akhirnya kedua Raksasa tersebut dapat dikalahkan oleh Werkudara dan berubah menjadi Batara Indra dan Batara Bayu.
disitu Batara Indra dan Batara Bayu menanyakan yang sebenarnya untuk apa kamu datang ke hutan ini , ?

Werkudara menjawab jika ia datang untuk mencari kayu gung susuhing angin, untuk syarat mendapatkan ilmu Sangkan paraning dumadi utusan dari guru Drona.
Sebenarnya kayu gung susuhing angin itu tidak ada dihutan ini ada nya cuma 2 raksasa Rukmuka dan Rukmakala yang berarti Kamuktian dan Kemuliaan.

yang tanpa kau sadari bahwa jika ingin mendapatkan ilmu sangkan paraning dumadi maka kamu harus meninggalkan kamuktian dan juga kemuliaan. "jawab Batara indra
Sudah paham yang diucapkan oleh para batara akhirnya werkudara memutuskan untuk kembali.

Lalu werkudara kembali ke padepokan sokalima menemui gurunya drona , disampaikanlah werkudara mengenai kayu gung susuhing angin itu sebenarnya tidak ada, dia hanya bertemu dengan batara indra dan bayu yang menjelma menjadi Raksasa yang bernama Rukmuka dan Rukmakala , yang berarti kemuktian dan kemuliyaan , jika saya ingin mengetahui tentang ilmu sangkan paraning dumadi maka saya harus mengalahkan dan meninggalkan segala hal kemuktian dan kemuliyaan. lalu apa yang selanjutnya harus saya lakukakan guru  ?? tanya werkudara.

mendengar apa yang diucapkan oleh werkudara , guru drona kaget bukan kepalang karena Drona sebenarnya juga sudah mengetahui jika Kayu gung susuhing angin itu memang tidak ada itu hanya akal akalanya saja  dan alasan Drona menyuruh werkudara ke dalam hutan adalah biar werkudara mati diserang Raksasa.
oooo... alaaah nggerrrr Bukanya mati malah dapat wahyu ,"bicara dalam hati drona yang sebenarnya sangat menyayangi werkudara.

Lalu masih dalam niat mencelakakan werkudara , guru Drona menyuruh werkudara untuk mencari banyu suci perwitasari air kehidupan yang berada didasar Samudra Minangkalbu.
saat werkudara menanyakan dimanakah samudra minangkalbu tersebut guru drona tidak memberi tahu karena guru drona sendiri tidak tahu dimana letaknya.  karena maksud dari drona agar werkudara tewas saat terjun kedalam lautan yang akan di tuju. guru drona hanya memberi petunjuk didasar samudra minangkalbu dan carilah sendiri.

lalu werkudara mendatangi samudra laut selatan. saat di tepi samudra werkudara bersemedi mengheningkan cipta agar diberi perlindungan saat menceburkan diri kedalam laut.
setelah hati mantap "blyuuuuuuurrrrrr , masuklah werkudara kedalam samudra.

didalam laut werkudara bertemu dengan seekor naga raksasa dan menyerang werkudara , dengan sekuat tenaga werkudara melawan Naga tersebut. pertarungan akhirnya dimenagkan oleh werkudara selang berapa waktu datanglah Dewa Ruci mendatangi werkudara, wujudnya seperti Werkudara berbusana sama dengan werkudara , namun Dewa Ruci mempunyai wujud yang kerdil berbeda dengan werkudara yang mempunyai postur tubuh yang besar lagi gagah perkasa.

Werkudara menanyakan "hai bocah bajang siapa kamu ? kenapa wujudmu sama sepertiku tapi kamu kerdil ?
bocah kerdil itu menjawab "saya adalah Dewa Ruci, yang siap membantu apa keperluanmu !

Dewa Ruci menanyakan maksud dari werkudara masuk kedalam samudra itu apa ?
Lalu werkudara bertanya kepada Dewa Ruci apakah ini samudra minangkalbu ? saya ingin mencari air suci kehidupan banyu perwitasari !! jawab werkudara.
lalu untuk apa banyu perwitasari itu ? lanjut tanya Dewa Ruci.
banyu perwitasari itu akan aku jadikan syarat untuk mendapatkan ilmu sangkan paraning dumadi dari guru sokalima." jawab werkudara.

ketahuiah ngger , samudra minagkalbu itu berada didalam dasar sanubarimu sendiri, dan yang dimaksud dengan banyu perwitasari itu adalah ilmu sejati yang ada didalam hatimu sendiri, dengan kamu mengalahkan naga tadi itu menandakan jika kamu telah mengalahkan kejahatan dan juga hawa nafsu yang ada didalam hatimu , untuk dapat ilmu sangkan paraning dumadi masuklah kedalam perutku melalui telingaku ngger " kata dewa ruci kepada werkudara.

werkudara melanjutkan perkataan dewa ruci." apakah mungkin jika aku bisa masuk kedalam perut mu sinuwun ? melihat Badan saya ini lebih besar dari pada sinuwun !!

semadi lah ngger , mantapkan pikiran mu tujukan niat keteguhan hati mu niscaya kamu akan bisa masuk perutku melalui telingaku. jawab dewa ruci.

akhirnya werkudara melakukan apa yang disarankan dewa ruci , sekejap berhasilah werkudara masuk perut Dewa Ruci dan mengalami sesuatu hal yang menakjubkan saat berada didalam perut Dewa Ruci.

werkudara mengalamai banyak hal , melihat dunia se isinya dan menanyakan semua hal yang ada kepada dewa ruci. pada saat itulah puncak dari semua usaha werkudara dalam mencari ilmu sangkan paraning dumadi.

Amanat
werkudara berhasil menerima wahyu sejati dengan meninggalkan Kamukten dan juga Kamulyan.
mengalahkan hawa Nafsu yang ada pada dalam dirinya sendiri.
jika kakak bro dan kakak sist ingin menjadi pribadi yang baik maka kakak kakak semua harus bisa mengendalikan Diri Kakak kakak sendiri sebelum mengendalikan apa yang ada pada dunia yang hanya sementara.

itulah sedikit cuplikan cerita werkudara yang bisa untuk dijadikan contoh sebagaimana kita menjalani kehidupan. maafkan adek jika kurang begitu detail dalam menuliskan jalan cerita ini ya ,..
salaaam 

0 Response to "Kesetiaan werkudara 2"

Post a Comment